Cara Memaster Burung Pleci Agar Rajin Bunyi

Burung PleciBurung Pleci merupakan hewan yang dipelihara karena kicauannya. Oleh karena itu para pemelihara burung ini akan melakukan berbagai cara agar ia dapat rajin berbunyi.

Cara Memaster Burung Pleci

Salah hal yang bisa dilakukan adalah dengan memaster burung pleci yang anda pelihara. Burung ini termasuk yang pandai menirukan kicauan burung lain sehingga dapat dimasterkan dengan mudah. Agar pemasterannya berjalan dengan lancar dan sukses, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, diantaranya umur. Umur yang baik dalam memaster pleci adalah setelah ia berumur sekitar 30 hari. Pada waktu itu ia sudah mulai menirukan kicauan burung lain dan pita suara yang dimilikinya masih sangat fleksibel.

Beberapa cara dalam memasterkan burung pleci, diantaranya adalah :

  1. Mendengarkan kicauan burung lain secara langsung dengan sangkar pleci dikerondong. Burung yang dijadikan master diletakkan di dekat sangkar pleci. Proses pemasteran sebaiknya ditempat yang sepi dan tenang agar burung pleci dapat berkonsentrasi mendengarkan dan menirukan kicauan burung masternya. Lakukan proses pemasteran setiap hari secara intensif dan berkelanjutan hingga pleci mampu menirukan kicauan burung masternya.
  2. Mendengarkan Mp3 kicauan burung master. sangkar berisi burung pleci dikerondong agar burung pleci dapat berkonsentrasi mendengarkan kicauan burung master. Volume rekaman sebaiknya jangan terlalu keras agar burung yang akan anda master tidak stres. Volume yang digunakan sebaiknya sedang-sedang saja, yang penting terdengar jelas dan tidak membuat berisik. Proses pemasteran sebaiknya dilakukan di tempat yang sepi dan tenang sehingga yang terdengar hanya suara kicauan burung master yang berasal dari rekaman Mp3 saja.

Untuk memperlancar proses memaster burung pleci, anda sebaiknya memberikan terapi air. Banyak pleci yang mengalami macet bunyi jika tidak diberikan terapi ini. Hal ini disebabkan burung ini habitat alaminya adalah wilayah yang berada di dekat perairan. Sehingga agar tercipta suasana yang mirip dengan habitatnya anda perlu memberikan terapi air ini. Caranya dengan menaruh kandang burung di daerah yang banyak air mengalirnya, misalnya dekat tempat wudhu, kamar mandi atau tempat cuci baju.

Peluang Usaha Ternak Burung Hasil Masteran

Dalam usaha ternak burung pleci, selain menjual burung yang masih anakan peluang untuk menjual burung yang telah sukses dimaster terbuka cukup lebar. Salah satunya dikarenakan pleci yang dijual di pasaran kebanyakan memiliki kicau yang kurang begitu baik. Hal itulah yang menyebabkan jenis yang telah memiliki kicauan nyaring dan rajin berbunyi memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Sebagai perbandingan, anakan pleci biasa dijual dengan harga sekitar 25 ribu sedangkan burung dewasa yang kicauannya indah harganya sekitar 300 ribuan. Bahkan jika telah menjuarai kontes burung, harganya bisa melonjak hingga mencapai jutaan rupiah.

Hal itulah yang seharusnya dipikirkan oleh para peternak. Daripada menjual puluhan anakan burung dengan harga murah, lebih baik para peternak menjual satu burung yang berharga jutaan rupiah. Walaupun memang dibutuhkan upaya yang ekstra dengan memasternya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *