Ciri Ciri Udang Vaname Kualitas Terbaik

Udang vanameDalam rangka pembudidayaaan udang vaname, benih merupakan salah satu aspek yang wajib dipertimbangkan dan diperhatikan oleh para penambak. Pasalnya pemilihan benih yang unggul dan berkualitas nantinya akan menghasilkan panen yang memuaskan dengan hasil yang optimal pula. Menurut beberapa penambak, ciri ciri udang vaname kualitas terbaik ialah benih yang berasal dari indukan asli (FI) maupun indukan rekayasa. Biasanya keunggulan lain yang dapat diandalkan oleh jenis benih ini adalah memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang cepat jikalau dibandingkan dengan benih-benih udang lainnya.

1. Sebaiknya hindari pemilihan benih lokal

Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan optimal, hindari pemilihan benih lokal untuk dibudidayakan. Sebab benih lokal memiliki statistik pertumbuhan yang terbilang lambat dan memiliki ukuran tubuh yang bervariasi (blantik) sehingga menyulitkan Anda tatkala proses perawatan dan masa panen. Jikalau tak hati-hati pada tahapan ini tentunya hal tersebut akan membuat penambak merugi, terlebih di masa dewasa harga benih udang vaname terbilang cukup mahal dibandingkan dengan benih-benih udang lainnya. Bahkan di beberapa wilayah untuk mencari bibit udang vaname terbilang langka dan sulit.

2. Lihat indukan juga kualitas bagus

Bagi penambak yang berpengalaman, rasanya memilih benih udang vaname dengan mengidentifikasi melalui indukan asli secara langsung bukanlah perkara yang sulit. Namun bagaimanakah bagi para penambak yang baru petama kali mencicipi usaha budidaya ternak udang vaname ini? Nah bagi penambak baru yang ingin mencoba keberuntungan di usaha budidaya udang vaname ini, tak perlu khawatir sebab untuk mengetahui kriteria udang vaname yang berkualitas terbaik bisa Anda identifikasi melalui bentuk tubuh dan ukuran tubuhnya dengan mata telanjang. Oleh karenanya Anda dituntut untuk teliti, jeli dan lebih selektif tatkala memilih benih udang vaname yang berkualitas tatkala membelinya.

3. Ukuran yang sama

Nah biasanya tanda udang vaname berkualitas terbaik memiliki ukuran yang seragam dan sama antara satu dengan lainnya. Selain memudahkan proses perawatan pemilihan benih yang seragam mampu memudahkan Anda tatkala memasuki masa panen tiba. Bukan hanya itu saja pastikan benih udang vaname yang Anda pilih memiliki gerak yang aktif dan lincah tatkala berenang dan bergerak melawan arus air kolam. Hindari pemilihan benih udang vaname yang memiliki tubuh yang kotor dan luka. Benih udang vaname yang luka atau kotor biasanya cenderung lebih mudah terkena penyakit dan mampu mempengaruhi udang satu dan lainnya.

4. Memiliki insang

Selain tersebut diatas Anda juga bisa memiliki melalui insangnya, biasanya udang vaname yang memiliki insang layaknya ikan menjadi kriteria benih yang berkualitas unggul dan baik. Pastikan pula antena yang dimiliki oleh setiap benih mampu membuka dan menutup secara aktif tatkala bergerak. Jangan asal memilih benih udang, pastikan benih udang yang Anda pilih sudah kriteria dan mencapai usia Post Larva. Sebab jika usia benih larva yang Anda pilih sesuai dengan standar, Anda langsung bisa melakukan proses penyebaran ke dalam kolam yang telah disiapkan sebelumnya. Nantinya para benih udang vaname yang ditebar akan berenang di dasar tambak atau kolam dengan sendirinya.

Bagaimana mudah sekali bukan mengenali ciri ciri udang vaname terbaik? Nah itulah ulasan mengenai tanda memilih udang vaname yang unggul dan berkualitas yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan baru untuk mencapai hasil panen yang maksimal dan optimal. Selamat mencoba, terima kasih.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *