I Love Batik

Hari Minggu kemarinnya kemarin, setelah pulang dari Jogjatronik, aku sempetin nemenin sodaraku wat beli sepatu di timur jalan Malioboro / Jln. Mataram. Setelah dapat apa yang dia inginkan kami langsung menuju ke pasang Beringharjo. Iseng-iseng aku mau cari baju buat kuliah.

Jujur aku orang yang ga terlalu memperdulikan penampilan (bilang aja males :D). Tetapi penampilan yang keren bagiku adalah yang beda dari yang lain. Aku liat penampilan teman-teman di kampus rata-rata sama. kebanyakan pakai kemeja ditambah jaket ato jemper/jumper (tulisannya yg bener yg mana sih?).

Lalu apa pakaian yang keren yang jarang mereka pakai? Batik. Yup, batik. Itu yang keluar dari pikiranku. Batik keren loh coy, andai kau tau itu. Sayang kebanyakan anak muda ga suka pakai batik. Kenapa? mungkin karena malu dibilang kayak embah-embah ato kayak orang mau kondangan. Tapi liat deh, Om Bill Gates aja kemarin pas di Jakarta pakek batik. Kang Onno W Purbo yang ngefans ama aku (eh kebalik :p) juga selalu pakai batik walaupun ada kunjungan di luar negeri. Trus kenapa kalian ga mau pakai batik? Klo kalian kemarin-kemarin koar-koar/teriak-teriak/misuh-misuh klo ada yang merebut batik kita, kenapa kalian sendiri ga mau pakek batik? Sebenarnya apa yang kalian perjuangkan kemarin?

beringharjo
beringharjo

Ok, back to Beringharjo. Begitu sampai di dalem pasar air liur langsung mengalir deras dari mulutku bak air terjun Niagara. Edan dab, hampir 1 lantai pasar di isi batik semua. Sayang dompetku ga cukup tebal wat beli semua itu. Aku celingak-celinguk akhirna dapet batik yang aku suka walo sebenernya aku suka semua ^_^. Dengan tawar-menawar yang rada alot akhirnya ketok palu juga di harga 35 ribu rupee ah. Sebenarnya aku ga suka belanja, apalagi harus ada adegan tawar-menawar. Ahhh, aku paling ga suka dengan hal itu. Tapi it’s okey lah. 35 ribu untuk sebuah nilai seni :). Jadi inget kata pak mbuh dalam sebuah wawancara di TV. Dia bilang kalau sudah menjual barang seni, yang dijual adalah nilai seni dari barang tersebut.

Di Pasar Beringharjo batik yang dijual kebanyakan adalah dalam bentuk pakaian saja, walau aku juga lihat ada tas bercorak batik. Jika ingin mencari barang-barang lain dengan motif batik coba ente-ente pada keluar dari pasar lalu langsung menuju Jalan Malioboro yang letaknya berada di depan Pasar Beringharjo. Batik yang dijual di pinggir Jalan Malioboro lebih beragam. Tidak hanya kemeja dan celana batik saja, tetapi di sini kamu bisa menemukan cindera mata atau barang-barang unik yang menggunakan motif batik. Mulai dari topi batik, tas batik, sandal & sepatu batik, gantungan kunci berupa replika kemeja batik ato sandal batik, dasi batik, dompet batik dan lain-lainnya. Pokoknya dari ujung rambut ampe ujung kaki tubuh kamu bisa dibalut dengan batik kalau datang ke sini.

pecandu batik

Jika anda merasa pemakai, pecandu atau hanya sekedar pengedar batik, Jl. Malioboro merupakan tempat yang tepat bagi anda untuk berkumpul dengan sesama batikers. Saran dari saya untuk para pecandu batik, tebalkan dompet kalian sebelum datang ke sini atau jika tidak mampu silahkan berpuasa agar tidak tergoda dengan pemandangan yang aduhai indahnya. Siapkan juga obat sakit kepala karena kemungkinan anda akan mengalami pusing-pusing karena bingung mau beli yang mana. Foto di samping adalah contoh seorang pecandu batik yang baru saja ikut pesta batik.

Keesokan harinya langsung aku pakek aja tuh batik, banyak temen-temen yang komentar soal batikku. Banyak juga anak-anak laen yang ngirain aku asisten dosen, ato dosen, ato malah yang jaga kantin :p (soale yang jaga kantin pakek batik juga). Asyiknya jadi pusat perhatian. Coba kalo aku pakek celana jeans dan kemeja ato jumper. Pasti ga ada yg merhatiin. Mau tau aku yang mana? Mudah, cari aja di kantin undergroundnya Amikom. pakai baju batik dan laptop acer silver. Selain pakai baju batik aku juga sering pakai celana OSIS SMA. jarang yang pakek juga kan? makanya aku pakai :D.

59 thoughts on “I Love Batik”

  1. Om, perjuangan kok waktu beli di beringharjo masih nawar jg? katanya perjuangan?? wong YF banget ki, sembarang2 di wenehi perjuangan :)hehe

  2. Aslm..
    Hehehe.. ternyata suka batik banget to…
    pertama kali liat smpeyan di masid amikom ku kira mas adi tuh dosen …
    ato pegawai UPT ato apa gitu pokokna gak kepikiran blas kalo pean mahasiswa..
    Hehehe ternyata satu angkatan ama aku…

    Oh ya ku sempet sedikit ngntip laptop pean pas pean lagi komperan di masjid.. lagi demo apa gtu ke anak anakUKI…
    semacam map of life gt ya.. keren keren
    Wslm..

  3. #Manase
    kayak ga tau orang indonesia aja. semakin murah semakin bagus

    #batik maniak
    weee, numpang promosi bayar Rp. 1000,00 . orang parkir aja bayar. hehehe

    #Noe
    niatnya sih kayak YF, free. hehe

    #singgih27
    good 2

    #Chen’D
    wa’alaikumsalam
    hee…. berarti anda adalah salah satu korban penampilan saya.

  4. assalamu alaukum…..

    weleh. weleh sempat sempate mbahas…

    tapi siiip, batik!!! bener tu kata si manis cinta dalam negeri dari pada ikut tren pakai produk luar negri

    ehhh pakai pakaian belum jadi ha5x

  5. “Klo kalian kemarin-kemarin koar-koar/teriak-teriak/misuh-misuh klo batik kita direbut ama Malaysia, kenapa kalian sendiri ga mau pakek batik? Sebenarnya apa yang kalian perjuangkan kemarin?”

    Nice argument…

    Yah, kalo tmen-tmen sih, alasannya ga mau pake batik soalnya menurunkan ‘harga pasar’… Maksudnya ntar ga laku gitu…

  6. gw jalan” di ciputra slah stu mal d pkanbaru..tko baju dan spatu yg lainnya penuh sesak,,kcuali tko batik..kosoooong..duh tragis..

  7. top buat mas yang masih menjunjung tingggi batik…

    aku mau pake sih………cuma disini jarang yang jual sekalinya jual mahal banget…

  8. #hengky
    belajar SEO ma marketing

    #nebulla
    harusnya malah kamu malah mencontoh oom gates klo pikiranmu begitu

    #roy
    kabuur

    #manis
    harusnya memang batik diperkenalkan sejak kita masih kecil

    #uchin
    alaikumsalam
    bukannya memang seperti ini yg harusnya dibahas

    #bowbee
    klo begitu, jadikan batik itu sebuah trend. mulai dari diri kita sendiri. kemarin abis beli dasi batik ama topi batik. keren coy

    #xxx_duds
    mang ente di mana?
    klo maen ke jogja jangan lupa borong terus dijual di sana

  9. Pingback: Lebih Berkesan Dari Pada Foto Bareng Kang Onno « Adi Nugroho’s Blog

  10. YuPz..budayakan cinta Produk dalam negri!!!Jadiin trademark ajaH wat all teenagers di amikom, Especially Pas Juma’t getto! ga pake dasi khan!!Viva Batik!..Salut2!!
    PS:Video Tutorial wat belajar wordpress mana atuh???he2x^-^

  11. Sekarang batik lagi naik daun, gak musimnya lagi pake batik kaya simbah, lihat aja modelnya macem2, mulai dari yg ukuran small sampe super large.

  12. #mancung64
    heheh, batik keren untuk siapa aja kang. untuk anak muda juga keren. kapan2 saya liatin foto band anak muda yg pada pake batik semua tapi tetap “brutal”

  13. Kalo saya mah .. sepanjang bahannya adem dan ga gatel, pasti seneng makenya .. hanya saja untuk memakai batik kudu disesuaikan dengan sikon lah .. ga setiap saat mesti batikan mulu kan hehehe :mrgreen:

  14. Salut buat yang suka batik. me2 🙂 . Tapi kalo ampe nyari CD batik mang ada? boleh juga tu.hahahhhaha

  15. bagus …..
    melesatrikan budaya bangsa sendiri…!!!jarang sekali anak muda zaman sekarang yg sprti u….!!!daripada nanti batik di embat hak patennya orang lain (negara lain). u patut diacungi jempol………..

    🙂

  16. Sebenernya saya juga suka batik. 🙂 Tapi berhubung belum cukup dananya untuk hal tersebut, jadinya yaa belum beli. 🙂

    Batik memang menjadi salah satu aset bangsa kita. Dan memang harus dilestarikan dengan mencitainya, dalam hal ini memakainya.

    Salut buat mas Adi. Ternyata masih ada peminat batik. Peminat karya bangsa.

    Bagi saya memakai batik kalau pas acara resmi. 🙂

  17. kalo saya makenya sekenanya aja…

    acara formal lebih suka pake baju formal polos…
    acara kondangan lebih suka pake batik…
    kalo dirumah lebih suka pake kaos oblong aja…

    yang jelas saya anti sama yang namanya celana jeans… terutama yang ketat… nggilani pokoke…

    sekarang sepertinya batik sudah menjadi pakaian nasional, ketua mpr pak hidayat nur wahid tu yang sering pake batik…

  18. jah…
    ane kira apaan,bang adi ngebuzz di ym..hehehehe
    coba deh,bang adi ke banjarmasin.,trus coba juga tuh kain sasirangan khas kalsel a.k.a batik kalsel lah….lumayan buat nambah koleksi,ntar baru ke sumatra beli kain songket…
    hehehehehehe

  19. iyh bner om….batik mang yahut bngt….salut dah….pa lage banyk bngat jenisy……tapi pa iyah klo indonesia ja yg ciptain batik???????

  20. wow keyyen…kayaknya batik perlu mendapat perhatian yang serius dari semua kalangan termasuk anak muda (dari yang imut2 sampe yang amit2 he…3X), klo perlu tu batik dijadikan seragam sekolah biar lebih familiar di mata rakyat indonesia..

  21. batik harga 30ribuan itu murah, dan menurut berita di liputan6 ttg impor illegal dari china sudah sangat memprihatinkan termasuk batik, hingga batik lokal tak mampu lagi bersaing dgn murahnya harga batik impor ilegal trsbut, dan menyebabkan byknya pengusaha batik lokal yg tutup usaha. Tapi mas ga usah kecewa, tulisan ini sekedar berita ttg mengapa ada batik yg murah. Smoga batiknya berkah amin

  22. Hadir….:D

    pake batik emg terkesan jdi lebih terlihat tua dari aslinya
    tpi sbnernya mengandung aura yg menyebarkan mantra-mantra dasyatmu.. [hallah]

    pinjem batiknya bru.. tuk resepsi bsk siang
    skalian amplop & isinya jg gpp..
    hue2…

  23. batik??kalo tiap hari pake batik ya…ga bosen po hok..
    mendingan juga hari jumat tok, jadi bebas deh gag pake dasi,,

    wkakakakakakaaa…..

    bkin UKM batik aja

  24. Wah, gue suka nih gaya…
    CADASS abizzz
    orang kayak mas nih, yang perlu dicontoh.
    moga dengan crita dari mas nih bs jadi contoh
    bagi para WNI yang lain. trmasuk saya tentunya..
    hehehe !!!!

  25. seumur baru sekali aku ke pasar bringharjo.. tapi mengesankan 😀 .. batik go international.. kalo buka kita siapa lagi 😉 .. sayang kalo pake batik perutku keliatan banget.. buncit wkakakakak, but goood

  26. ya, sekarang dikampus dah mulai banyak yang pake batik pak… terutama asisten sama anak unit kerohanian islam..

  27. saya jual sprei batik,,, mau beli nggak murah kuk???
    beneran dech,, sapa tau kita bisa kerja sama?
    qiqiiqi, tq

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.