Jenis Media Pembiakan Bakteri

media bakteriPembiakan bakteri diperlukan untuk mempelajari sifat bakteri untuk dapat mengadakan identifikasi, determinasi atau diferensiasi jenis jenis bakteri yang ditemukan. Nah untuk melakukan pembiakan bakteri ini diperlukan media agar bakteri bisa berkembang biak dengan baik.

Kebutuhan berbagai jenis bakteri untuk berkembang biak itu berlainan, ada yang dapat hidup dalam berbagai kondisi lingkungan dan ada juga yang hanya bisa hidup dalam kondisi tertentu yang sempit terutama yang termasuk ke dalam bakteri parasit pada manusia atau hewan.

Untuk menciptakan keadaan lingkungan yang tepat di media sebagai penganti keadaan di alam tidaklah mudah sehingga seringkali sifat sifat bakteri itu berubah bila telah lama hidup dalam media.

Kebutuhan bakteri pada umumnya adalah sebagai berikut

  1. Sumber energi yang diperlukan untuk reaksi reaksi sintesis yang membutuhkan energi dalam pertumbuhan dan restorasi, pemeliharaan keseimbangan cairan, gerak dan sebagainya.
  2. Sumber karbon.
  3. Sumber nitrogen, sebagian besar untuk sintesis protein dan asam asam nukleat.
  4. sumber garam garam anorganik, khususnya fosfat dan sulfat sebagai anion dan potasium, sodium magnesium, kalsium, besi, mangan sebagai kation.
  5. Bakteri bakteri tententu membutuhkan faktor faktor tumbuh tambahan, disebut juga vitamin bakteri, dalam jumlah sedikit sekali untuk sintetik metabolik esensial.

Media Pembiakan Bakteri sendiri dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu media pembiakan dasar,  media pembiakan diperkaya (Enriched Medium) dan media pembiakan selektif.

Media Pembiakan Dasar

Media pembiakan dasar adalah media pembiakan sederhana yang mengandung zat zat yang umum dierlukan oleh sebagian besar mikroorganisme dan dipakai juga sebagai komponen dasar untuk membuat media pembiakan lain. Yang termasuk kedalam media pembiakan dasar adalah nutrien agar dan nutrien broth.

Media Pembiakan Diperkaya

Media pembiakan diperkaya dibuat dari media pembiakan dasar dengan penambahan zat zat lain untuk mempersubur pertumbuhan bakteri tententu, yang pada medium pembiakan dasar tidak dapat tidak dapat tumbuh dengan baik. Sebagai contoh saja  mengembangbiakkan bateri yang tumbuh di dalam tubuh nyamuk diperlukan media yang diperkaya dengan ekstrak nyamuk agar bakteri yang ada di dalam tubuh nyamuk itu dapat tumbuh dengan baik.

Media Pembiakan Selektif

Media pembiakan selektif digunakan untuk menyeleksi bakteri yang diperlukan dari campuran dengan bakteri bakteri lain yang terdapat dalam bahan pemeriksaan. Dengan penambahan zat zat tertentu bakteri yang dicari dapat dipisahkan dengan mudah. Media pembiakan bakteri ini berdasarkan pada sifat kerjanya dapat dibedakan dalam :

  1. Selektivitas karena perbedaan tumbuh
  2. Selektivitas karena penghambatan tumbuh

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *