Klasifikasi Bakteri Berdasarkan Suhu Pertumbuhan

BakteriKlasifikasi bakteri berdasarkan suhu pertumbuhan dapat dibagi menjadi 3 kelompok yaitu mesofil, psikrofil dan termofil. Klasifikasi bakteri berdasarkan suhu pertumbuhan ini berguna dalam pembicaraan sifat sifat kolektif golongan mikroorganisme yang telah beradaptasi terhadap kehidupan dalam lingkungan tertentu.

Golongan Mesofil

Bakteri yang masuk ke dalam golongan mesofil ini biasanya bakteri yang hidup di dalam tanah air dan tubuh vertebrata. Bakteri yang masuk ke dalam golongan mesofil ini dapat tumbuh pada suhu 10 C – 47 C. Tetapi suhu optimum pertumbuhannya sekitar 30 C – 45 C dan berbeda beda pada masing masing spesies.

Golongan Psikrofil

Golongan bakteri ini umumnya sanggup tumbuh pada suhu dibawah 0 C, jadi jangan heran jika di dalam sebuah media yang dibekukan di suhu 0 C masih dapat ditumbuhi bakteri. Spesies bakteri yang termasuk golongan ini dinaman psikrofil. Banyak bakteri golongan ini yang dapat juga tumbuh baik pada suhu ruangan ( 30 – 35 C ) dan disebut sebagai psikrofil fakultatif. Sebaliknya, beberapa bakteri laut telah beradaptasi pada kehidupan dalam suhu dibawah 5 C, suhu ditempat yang dalam sekali dan mati bila ditempatkan pada suhu ruangan (30 – 35 C) dalam beberapa menit. Bakteri ini dinamakan psikrofil obligat.

Pentingnya bakteri yang termasuk golongan psikrofil ini dapat dilihat dari berapa banyak bahan bahan organik yang harus diuraikan secara kontinyu dalam samudera dan tanah. Satu hal yang perlu diwaspadai dari bakteri psikrofil ini adalah bakteri ini dapat mengakibatkan rusaknya makanan dan bahan bahan lain yang disimpan dalam suhu lemari pendingin. Hal ini penting untuk industri besar yang menyimpan makanan dalam suhu beku.

Golongan Termofil

Bakteri yang tumbuh diatas suhu 45 – 50 C seringkali dinyatakan sebagai termofil. Bakteri termofil yang hanya subur pada suhu tinggi (50 C keatas) di namakan termofil obligat.

Suatu kesanggupan untuk dapat bertahan hidup pada suhu tertentu hendaknya dibedakan dari kesanggupan tumbuh baik pada keadaan tersebut. Banyak mikroorganisme termasuk fungi, bakteri dan virus dapat hidup berbulan bulan atau bertahun tahun beku dalam es kering gas karbondioksida (suhu – 76 C) atau dalam nitrogen cair (-195 C), meskipun tidak tumbuh sama sekali. Begitupula bakteri ada yang dapat bertahan pada suhu 50 C tetapi hanya bakteri yang masuk ke dalam golongan termofil saja yag bisa tumbuh baik dengan keadaan ini. Jadi Klasifikasi Bakteri Berdasarkan Suhu Pertumbuhan bukan berarti di suhu berapa bakteri bisa hidup tetapi di suhu berapa bakteri masih bisa tumbuh.

Perlu dipertahankan bahwa suhu optimum untuk pertumbuhan dari hampir semua jenis mikroorganisme berada di dekat titik awal maksimum dan suhu yang letal hanya sedikit lebih tinggi dari suhu optimum.

Ketahanan termal dari banyak jenis bakteri tergantung sekali pada keadaan dalam fase pertumbuhan dimana organisme ini berada. Banyak bakteri yang sedang berada dalam keadaan tumbuh aktif (vegetatif), bila berada dalam suhu kira kira 70 C akan mati dalam waktu satu sampai lima menit. Bahkan beberapa diantaranya mati dalam waktu 10 menit pada suhu 54 C.

Pasteurisasi  susu secara komersial yang dilakukan pada suhu 63 C selama 30 menit atau 72 C selama 15 menit, mematikan semua bentuk vegetatif bakteri yang berada dalam susu itu, termasuk bakteri TBC dan Rickettsia penyebab peyakit Q-Fever, Coxiella buneti. Tetapi banyak saprofit yang tahan panas dalam susu dapat tertahan pasteurisasi, dengan demikian susu yang dipasteurisasi aman diminum tetapi tidak steril.

Bakteri termofil sangat tahan panas, beberapa diantaranya dapat tahan 80 sampai 90 C selama 10 menit. Jadi bakteri bakteri ini dapat mengatasi suhu pasteurisasi dan karenanya beberapa spesies merupakan gangguan besar bagi perusahaan susu. Endospora dari famili bacillaceae adalah jenis bakteri yang paling tahan terhadap suhu tinggi. Beberapa diantaranya tahan suhu didik atau lebih selama berjam jam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *