Klasifikasi dan Morfologi Jambu Biji

Klasifikasi dan Morfologi Jambu Biji – Jambu biji (Psidium guajava) adalah salah satu tanaman buah jenis perdu yang banyak cabangnya, tingginya dapat mencapai 12 meter. Ukuran buahnya bervariasi, yang paling kecil berdiameter 2,5 cm dan terbesar sekitar 10 cm. Jambu biji sering disebut juga dengan nama jambu klutuk, jambu sikit atau jambu batu. Dalam bahasa inggris disebut sebagai guava. Asal tanaman ini belum pasti tetapi diyakini berasal dari daerah meksiko di Amerika Tengah yang kemudian menyebar ke Thailand, India, Sri Langka dan di Indonesia. Penyebaran tanaman ini dilakukan oleh manusia, burung dan hewan lainnya.

Klasifikasi Jambu Biji

Di dalam sistematika tumbuhan, tanaman jambu biji tergolong ke dalam famili Myrtaceae, genus Psidium dan nama latinnya Psidium guajava.

Klasifikasi tanaman jambu biji secara lengkap adalah sebagai berkut :

Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Sub Kingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi  : Angiospermae
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Sub Famili : Myrtoideae
Genus : Psidium
Spesies : Psidium guajava

Genus Psidium terdiri dari sekitar 100 spesies tanaman, diantaranya adalah :

  • Brazilian guava / guisaro (Psidium guinense)
  • Cattley guava / strawberry guava (Psidium cattleianum)
  • Costa rican guava (Psidium friedrichsthalianum)
  • Para Guava (Psidium acutangulum)
  • Rumberry / guavaberry (Psidium floribunda).

Morfologi Jambu Biji

Tanaman jambu biji daunnya berwarna hijau, memiliki akar dangkal, merupakan tanaman semak atau pohon kecil yang tingginya dapat mencapai 10 meter dan memiliki cabang yang menyebar. Morfologi kulit batang jambu biji mulus dengan bintik – bintik hijau atau cokelat kemerahan dan melepas serpihan tipis untuk mengganti lapisan luar. Cabang tanaman dekat dengan tanah dan sering menghasilkan akar yang dekat dengan pangkal batang. Ranting muda berbentuk segi empat serta berbulu halus.

Batang

Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa tanaman ini termasuk ke dalam tanaman perd yang memiliki banyak cabang dan ranting dengan batang pohon yang keras, berkayu, bulat, kulit batang licin, mengelupas untuk membuang lapisan terluar, bercabang dan berwarna cokelat kehijauan. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna cokelat dan licin. Apabila kulit kayunya dikelupas akan terlihat permukaan batang kayu yang basah.

Daun

Morfologi daun jambu biji adalah daun tunggal, berbentuk bulat telur, bagian ujungnya tumbul, pangkal membulat, tepinya rata. Daun ini memiliki ukuran panjang sekitar 6 – 14 cm dan lebar 3 – 6 cm. Pertulangan daun menyirip dan berwarna hijau kekuningan sampai hijau tua. Urat daun kaku, tetapi kasar dan menonjol serta memiliki sedikit bulu halus di bagian bawah. Jika daun dilumatkan akan tercium bau khas (aromatik) dari daun ini.

Bunga

Bunganya berukuran kecil, berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun dengan lima kelopak dan banyak benang sari. Bunganya tunggal dan bertangkai. Keopak berbentuk corong dengan panjang 7 – 10 mm. Mahkota bulat telur dengan panjang 1,5 cm.  Benang sari pipih, berwarna putih, putik berbentuk bulat, kecil, berwarna putih sampai putih kekuningan.

Jika sedang berbunga, samar – samar tercium bau wangi bunga. Bunga muncul berkelompok atau sendiri – sendiri dalam daun, dengan kelopak bunga berjumlah 4 – 5 bunga. Kelopak bunga ini merupakan tempat penyimpanan benang sari sehingga dapat mempercepat timbulnya buah.

Tanaman jambu biji melalukan penyerbukan sendiri untuk membuah buah, meskipun beberapa jenis tampaknya melakukan penyerbukan silang dengan jenis jambu biji yang lain. Jambu biji dapat berbunga sepanjang tahun tetapi mulai tumbuh berbunga lebah saat akhir musim hujan dan mekar terjadi pada saat awal musim panas.

Buah

Panjang buah jambu biji sekitar 4 – 12 cm, berbentuk bulat atau oval, bergantung pada jenis jambu biji, Kulit buah bagian luar kasar, pahit pada bagian kulit karena terdapat pektin. Sedangkan pada bagian dagingnya lembut dan manis. Ketebalan kutih buah bervariasi, kulit biasanya berwarna hijau sebelum matang lalu menjadi kuning, merah marun atau hijau masak. Buahnya buah buni, berwarna putih kekuningan. Buah jambu biji umumnya mempunyai aroma yang khas tetapi kurang tajam.

Daging buahnya ada yang berwarna putih, kuning, merah dan ada pula yang berwarna merah muda dengan banyak biji di tengah. Kekerasan daging buah bergantung pada jenisnya.  Tiap jenis memiliki perbedaan, jenis yang lebih baik buahnya agak lunak ketika masak, lembut tekstur kulitnya dan melunakkan. Mempunyai 4 atau 5 sisa bunga atau daun yang menonjol pada bagian puncaknya.

Bji

Morfologi biji jambu biji adalah keras, ukuran kecil, berwarna kuning kecokelatan dan dapat dimakan. Bijinya berjumlah banyak dan terdapat pada daging buah. Dalam satu buah terdapat banyak biji, berkisar 112 – 535.

Akar

Tanaman ini berakar tunggang dengan warna akar kuning kecokelatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *