Mengobati Demam Berdarah dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sudah lama digunakan sebagai obat tradisional di Indonesia, diantaranya digunakan untuk mengobati diare, batuk dan masuk angin. Ternyata, selain mengobati penyakit ringan daun jambu biji ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah.

Selain dikarenakan kandungan gizi jambu biji yang tinggi, di dalam daun jambu biji juga terdapat sekitar 40 senyawa kimia yang dapat menambah jumlah trombosit di dalam darah. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit demam berdarah menyebabkan kadar trombosit di dalam tubuh penderita turun secara drastis. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah cara untuk memulihkan kadar trombosit tersebut.

Quercentin Senyawa Kadar Trombosit

Salah satu senyawa yang telah terbukti dapat menaikkan jumlah trombosit secara cepat adalah quercentin. Senyawa dari golongan flavonoid ini dapat meningkatkan trombosit melalui mekanisme peningkatan jumlah sitok. Sitokin ini di dalam tubuh memiliki fungsi untuk meningkatkan kekenyalan pembuluh darah sekaigus mengaktifkan sistem pembekuan darah.

Selain itu, Quercentin diduga menghambat pertumbuhan virus dengue. Hal tersebut dilakukan dengan cara menghambat pembentukan enzim RNA virus tersebut. Padahal, RNA sangat penting didalam sintetis protein sehingga dengan menganggu pembentukan RNA ini dapat menyebabkan kematian virus tersebut.

Sayangnya banyak orang yang salah informasi tentang bagian jambu mana yang dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Kebanyakan masyarakat Indonesia bukan memanfaatkan bagian daun tanaman tetapi ke buahnya kemudian di jus. Padahal kadar quercentin di buah jambu biji jauh lebih sedikit daripada daunnya. Kandungan dalam selembar daun setara dengan satu kilogram buah.

Ramuan Jambu Biji Untuk Mengobati Demam Berdarah

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengkonsumsi daun jambu biji untuk mengobati demam berdarah. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Dibuat Ekstrak

Pembuatan ekstrak daun jambu biji dapat dilakukan dengan tehnik sederhana berikut ini :

  1. Daun jambu biji segar sebanyak 1 kg dicuci bersih, kemudian dipotong kecil – kecil.
  2. Blender dengan air secukupnya hingga halus.
  3. Saring dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air.
  4. Keringkan ekstrak daun jambu biji dengan dioven lalu setelah kering dibuat serbuk.
  5. Serbuk daun ini dilarutkan dalam etanol 96% dengan perbandingan  1 : 10.
  6. Campuran itu diaduk beberapa jam lalu disaring sebanyak 5 kali untuk menghilangkan pengaruh etanol.
  7. Untuk pengobatan demam berdarah makan 1 sendok teh ekstrak daun jambu biji tadi sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Air Rebusan

Jika anda merasa pembuatan ekstrak cukup merepotkan anda, anda dapat mengkonsumnya secara mudah dengan merebus daun jambu biji, tata caranya adalah sebagai berikut :

  1. Rebuslah 9 lebar daun jambu biji dengan 5 gelas air.
  2. Rebuslah terus hingga air berkurang sampai menjadi 3 gelas.
  3. Saring air rebusan tadi, kemudian air hasil rebusan tersebut diminum sebanyak 3 kali 1 gelas per hari.

Berdasarkan penelitian, penggunaan daun jambu biji mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kupik. Hebatnya lagi, tidak ditemukan efek samping bagi manusia setela mengkonsumsi daun jambu biji ini. Peningkatan kadar trombosit darah diperkirakan dapat tercapai dalam tempo 8 hinga 48 jam setelah mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *