Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Manusia

virusKata virus, secara harfiah berarti racun, jadi wajar saja jika banyak penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus dapat menyerang tumbuhan, hewan, manusia dan bahkan bakteri sekalipun. Memang ada virus yang menguntungkan manusia,walaupun lebih banyak yang merugikan. Yang pasti, keberadaan virus tentulah merugikan terhadap sel hidup yang diserangnya.

Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia

Human Immuno defficiency Virus (HIV)

Virus ini menyebabkan penyakit Accured Immunodeficiency Syndrome (AIDS) suatu penyakit dimana sistem kekebalan seseorang dirusak. HIV merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Paling mematikan bagi manusia. Karena sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat mematikannya, sehingga manusia yang terjangkit penyakit ini wajib memakan obat yang hanya mengurangi keaktifan virus ini seumur hidupnya. Frekuensi penularan yang paling sering adalah karena hubungan seks dengan penderita. Pada berbagai penelitian menunjukkan bahwa kehamilan dapat memperberat kondisi klinik wanita dengan infeksi HIV. Transmisi vertikal virus HIV dari ibu kepada janinna telah terbukti, akan tetapi belum jelas, kapan transmisi tersebut terjadi. Transmisi dapat terjadi melalui plasenta, perlukaan (luka) dalam proses persalninan atau melalui air susu ibu (ASI). Walaupun demikian WHO menganjurkan agar ibu dengan ibu positiv HIV tetap menyusui bayinya mengingat manfaat ASI yang lebih besar dibandingkan dengan resiko penularan HIV.

Rubella

Virus rubella adalah virus yang menginfeksi saluran nafas. Virus ini menjadi masalah karena dapat menginfeksi bayi selama dalam kandungan dan menimbulkan kelainan yang berat pada bayi. Virus rubella mula mula menginfeksi saluran nafas atas, lalu menjalar ke getah bening lokal, terjadi limfadenopati, kemudian terjadi viremia, virus menyebar ke seluruh tubuh dan terjadi infeksi ke jaringan lain Gejala prodomial ini berlangsung sekitar 2 minggu, selama masa ini penderita masih dapat menyebarkan virus melalui hembusan pernafasan.

Apabila infeksi pertama terjadi pada saat kehamilan, tanggap kebal primer baru menghasilkan antibodi setelah viremia menyebar ke plasenta. Virus lalu berkembang biak ke peredarah darah fesus. Virus mungkin tidak menghancurkan sel yang terinfeksi, tetapi infeksi dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan normal, mitosis dan sktruktur kromosom sel fetus.

Herpes Simpleks

Virus ini menyebabkan penyakit herpes ke manusia, khususnya ke anak. Penularan virus Herpes kepada anak dapat terjadi karena hematogen herpes melalui plasenta, akibat perjalanan ke atas dari vagina ke janin apbila ketuban pecah atau melalui kontak langsung pada waktu bayi lahir.

Virus Dengue

Virus ini menyebabkan penyakit demam berdarah, terdapat 4 tipe virus dengue yaitu tipe 1,2,3 dan 4. Sebuah penelitian melaporkan bahwa jika ibu hamil terkena penyakit demam berdarah maka kadar antibodi terhadap DBD dalam daerah tali pusar lebih tinggi daripada di dalam darah ibu. Keadaan ini dapat disimpulkan bahwa dalam kehamilan telah terjadi imunisasi pasif transplasental. Dikemukakan pula bahwa antibodi yang didapat lebih dini ini dapat mencegah terjadinya DBD atau sindrom renjatan dengue bila terjadi infeksi baru terhadap bayi yang dikandung. Sehingga bayi yang dikandung ibu hamil terkena penyakit DB akan relatif resisten terhadap virus ini.

Rubeola

Campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus rubeola ini. Campak yang terjadi pada orang dewasa biasanya lebih berat dibandingkan pada anak anak. Apabila wanita hamil diserang penyakit ini, maka janin mempunyai prognosis buruk, dapat terjadi prematur dan kematian pada janin. Infeksi dalam triwulan 1 masa kehamilan dapat menybabkan abortus dan cacat bawaan. Persalinan tidak dipengaruhi oleh virus rubeola, akan tetapi dalam masa nifas dapat terjadi komplikasi alat pernafasan yang biasanya disebabkan oleh sekunder dan mudah diobati dengan antibiotik. Bagi orang yang terserang penyakit ini tidak dikenal pengobatan khusus. Istirahat total bagi pasien dan pemberantasan infeksi sekunder sangat penting untuk dilakukan.

Varisella

Virus ini merupakan penyebab penyakit cacar air yang menyerang manusia terutama pada anak anak dan sangat jarang dijumpai dalam masa kehamilan dan nifas. Tetapi bila terjadi pada wanita hamil bisa menjadi lebih berat dan dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

Selain ke 6 penyakit diatas masih ada beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh virus, diantaranya : influenza, Common cold, dimana masing masing virus menginfeksi melalui saluran pernafasan. Kemudian Poliomilitis melalui oral dan Hepatitis A dan B serta rabies melalui inokulasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *