Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik

perbedaan prokariotik dan eukariotikSemua organisme, terdiri dari sel sel yang prokariotik atau eukariotik. Pembagian sel sel ke dalam prokariotik dan eukariotik ini sangat penting artinya. Sebelum membahas perbedaan prokariotik dan eukariotik mari kita membahas ciri ciri dari masing masing jenis sel.

Sel Prokariotik

ProkariotikCiri ciri dasar dari sel prokariotik dapat dirangkum sebagai berikut :

  • Tidak ada membran internal yang memisahkan nukleus dari sitoplasma. Juga tidak ada membran internal yang melingkupi struktur atau bagian tubuh lain di dalam sel.
  • Pembagian nukleus ialah dengan pembelahan (proses aseksual sederhana) dan bukan melalui mitosis.
  • Dinding sel mengandung mukopeptide yang memberikan kekakuan pada struktur selnya.

Sel prokariotik meruakan sel hidup yang paling sederhana dan diduga menjadi bentuk hidup yang pertama muncul di muka bumi. Ukurannya amat kecil, yang paling kecil adalah salah satu jenis bakteri yaitu mikoplasma yang hanya berukuran 0,001 μm. Akan tetapi, ukuran rata rata sel bakteri adalah 0,5 sampai 1,5 μm. Lebih jelas mengenai ukuran bakteri bisa dibaca di artikel sebelumnya tentang Bentuk Bakteri.

Bagian dalam sel prokariotik (sitoplasma dan isiya) dikelilingi oleh membran sitoplasma (membran plasma), yang mengendalikan masuknya bahan makanan dan keluarnya bahan sisa dari sel. Di sebelah luar sitoplasma terdapat dinding sel yang kaku yang terdiri dari zat zat kimia yang unik milik prokariotia. Beberapa jenis sel prokariotik memiliki flagela yaitu tonjolan seperti benang yang bermula pada sitoplasma dan memanjang ke luar dinding sel. Ada juga yang dilengkapi kapsul yaitu selubung yag berlendir di sekitar dinding sel.

Sel Eukariotik

eukariotikStruktur sel eukariotik lebih rumit dibandingkan sel prokariotik. Namun sebenarnya kedua jeniis sel ini memiliki banyak fungsi biologis yang sama agar dapat tumbuh, berkembang biak dan tetap hidup.

Salah satu ciri utama dari sel eukariotik adalah sistem membran internalnya yang ekstensif. Membran ini, yang disebut  retikulum endoplasma, meluas ke seluruh sitoplasma dan bagian bagian penyekat sel dengan cara melingkupi struktur struktur tertentu atau situs situs kegiatan biokimiawi. Struktur struktur yang terbatasi membran ini dinamakan organel karena melakukan fungsi khusus di dalam sel, sama seperti organ melakukan fungsi khusus ada sistem kehidupan multiseluler.

Di dalam sel eukariotik terdapat beberapa unsur unsur utama yang membantu anda memahami perbedaan prokariotik dan eukariotik. Unsur unsur utama eukariotik in adalah

  • Nukleus, merupakan bagian sel eukariotik yang sangat penting, yang merupakan lokasi utama bahan genetik dan berfungsi sebagai pusat pengendaian sel. Nukleus biasanya berbentuk bulat dan dikelilingi oleb membran ganda yang dinamakan envelop nukleus (selaput nukleus). Membran ini berkelanjutan dengan membran plasma. Substansi nukleus ini terdiri dari DNA dalam bentuk kromosom, RNA dan protein. Di dalam nukleus terdapat satu atau lebih nukleolus yang berisi RNA dan diguna merupakan situs pembentukan RNA ribosom.
  • Alat golgi, sering juga disebut sebagai kompleks golgi, organel bermembran ini terdiri dari sekelompok kantung pipih seperti cakram, tersusun dalam tumpukan dan dikelilingi oleh tubuh dan gelembung kecil. Struktur ini, yang terdapat dalam daerah retikulum endoplasma, mengemas dan mengangkut protein dan polisakarida ke luar sel juga merupakan situs bagi sintesis bahan dinding sel yang baru.
  • Mitokondria, organel ini terselubung dalam membran ganda, berfungsi sebagai situs utama untuk produksi energi dalam proses selular.
  • Kloroplas, merupakan organel dalam sel tumbuhan yang mengandung pigmen klorofil dan didalamnya berlangsung fotosintesis. Fotosintesis ialah proses diubahnya energi cahaya menjadi energi kimiawi oleh organisme yang mengandung klorofil.
  • Vakuola, merupakan organel di sitoplasma yang mengandung larutan encer berbagai substansi.
  • Mikrotobul atau mikrofilamen, batang batang yang sangat tipis ini terdapat bebas atau dalam berkas di dalam sitoplasma atau di dalam struktur sitoplasma. Fungsinya menjaga bentuk sel dan meningkatkan gerak teratur komponen komponen di dalam organel.
  • Flagela dan silia, Keduanya merupakan tonjola yang meluas di dinding sel protozoa. Organel organel ini biasanya berfungsi untuk menggerakan organise. Karena alasan inilah acapkali disebut sebagai organel lokomotor.
  • Dinding sel, beberapa sel eukariotikmempunyai dinding sel, suatu penutup luar membran sitoplasma. Strukturnya terdiri dari dua macam komponen yang utama : jringan mikrofibril yang memberikan sifat kaku pada dinding sel dan substansi yang tertanam mikrofibil. Komposisi dinding sel ini berbeda beda tergantung organismenya. Protozoa tidak memiliki dinding sel tetapi adaa mempunya bahan pelindung sel yang disebut pelikel.

Perbedaan Prokariotik dan Eukariotik

Dari ciri ciri prokariotik dan eukariotik di atas maka dapat kita rangkum bahwa perbedaan prokariotik dan eukariotik adalah sebagai berikut :

  1. Prokariotik dinding sel terdiri dari peptidoglikan, eukariotik tidak
  2. Porakariotik terdapat mesosom, eukariotik tidak
  3. Eukariotik terdapat mitokondria, kloroplas, badan goldi, retikulum endoplasma dan vakuola bermembran, prokarotik tidak
  4. Eukariotik nukleus dibatasi membran, prokariotik tidak
  5. Eukariotik reproduksi seksual, prokariotik jarang.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *